Posted by : usefullife4us Saturday, March 7, 2015

 PENGALAMAN MEMBUAT PASPOR DI JAKARTA

Assalamu'alaikum. Salam sukses dan sehat selalu.

Pada kesempatan ini saya menulis cara membuat paspor di Jakarta. Tulisan ini berdasarkan pengalaman saya membuat paspor di kantor imigrasi Jakarta Barat. Mudah-mudahan bermanfaat bagi teman-teman yang akan bepergian ke Luar Negeri. Dari penilaian saya, saya merasa senang dengan pelayanan yang diberikan pemerintah khususnya dari kantor imigrasi Jakarta Barat. Saya merasa nyaman karena pelayanan maksimal dan saya melihat tidak ada percaloan. Untuk membuat paspor Anda perlu menyiapkan dokumen asli dan foto copynya yaitu :

1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
2. Kartu Keluarga (KK)
3. Akte Kelahiran/Akte Kawin/Surat Nikah/Ijazah.
4. Paspor lama

Ijazah yang disertakan yaitu ijazah SMP atau SMA. Ijazah yang mencantumkan nama orang tua. Untuk lebih amannya artinya supaya kita tidak kesana-kemari, Anda perlu membawa Surat undangan dari luar negeri atau surat keterangan kerja. Ada bukti atau alasan bahwa Anda ke luar negeri memang benar adanya. Setelah dokumen tersebut lengkap, berikut langkah-langkahnya :

LANGKAH 1
Menjadi yang paling awal datang ke kantor imigrasi. Semakin awal semakin cepat selesai. Setelah sampai di kantor imigrasi Anda harus minta nomor antri. Setelah itu tunggu hingga jam 7.30 pagi untuk proses wawancara.


LANGKAH 2
Menyiapkan semua dokumen yang diperlukan baik asli maupun foto copy. Setelah nomor antrian dipanggail, dokumen Anda akan diverifikasi. Jika sukses Anda akan mendapatkan map beserta formulir isian yang harus Anda isi. Selain itu Anda juga akan mendapat nomor antri untuk foto.


LANGKAH 3
Mengisi formulir yang diberikan oleh petugas imigrasi dengan benar. Isian tersebut berkaitan dengan data-data kita antara lain nama, tempat dan tanggal lahir, alamat, pekerjaan, identitas istri, identitas ibu kandung, identitas ayah kandung dan alamat orang tua.

LANGKAH 4
Memperhatikan panggilan supaya nomor Anda tidak terlewatkan ketika dipanggil untuk proses foto. Sebelum difoto ditanya ulang tentang data Anda. Tidak banyak. Sekitar 15 menit kemudian Anda akan memperoleh formulir untuk membayar di bank BNI. Biaya sebesar Rp.360.000.


LANGKAH 5
Bayar saja biaya paspor hari itu juga. Jika Anda membayar hari itu, paspor Anda akan selesai tiga hari kemudian.

Itulah tadi pengalaman saya ketika membuat paspor di Kantor Imigrasi Jakarta Barat. Semoga bermafaat dan sukses juga untuk kita semua. Wassalamu'alaikum.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Blog Archive

Powered by Blogger.

- Copyright © USEFULLIFE | USEFULSHARING -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -