Posted by : usefullife4us Monday, June 30, 2014

CARA MENGATASI SAMPAH DI INDONESIA

Assalamu'alaikum. Salam sukses dan sehat selalu
Salam sukses untuk semua. Semoga tulisan saya ini dapat dijadikan sarana untuk saling mengingatkan ke hal hal yang lebih baik.Mari kita berjuang bersama.


Permasalahan sampah merupakan merupakan masalah yang sangat serius jika tidak segera diatasi. Atau barangkali menunggu sampai pada titik yang sangat dan sangat parah, baru diselesaikan. Mungkin negeri ini terlalu luas sehingga orang seenaknya membuang sampah di sungai atau di sembarang tempat. Atau kesadaran masyarakat akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya yang masih kurang. Atau karena besarnya jumlah sampah lebih besar dibanding dengan pemusnahan atau cara penanganannya. Mungkin mata kita sudah mengganggap hal biasa ketika air sungai telah berubah warna menjadi hitam pekat dan tercium aroma tidak sedap. Atau kita sadar hanya pada musim hujan saja, karena dimana mana air menggenang, orang orang mengungsi dan saling menyalahkan atara satu dengan lainnya. Atau barangkali kita menunggu waktu, di suatu saat nanti ketika kita menanam tanaman dan tanaman itu tidak tumbuh menghijau. Tanaman justru menguning dan mengering. Bagaimana tumbuh subur, tanah sudah penuh dengan plastik plastik yang tertimbun bertahun tahun tak membusuk.

Akankah permasalahan sampah dibiarkan tanpa solusi. Belum lagi sampah dari limbah industri atau laut dan pantainya yang tidak bersih lagi. Sebagai seorang putra negeri, saya ingin menyampaikan salah satu solusi yang sangat dan sangat sederhana. Pemerintah sudah berusaha, hanya laju pertumbuhan sampah lebih besar dari usaha untuk mengatasinya. Ide untuk mengatasi sampah yang ingin saya sampaikan yaitu dengan menerjunkan pasukan alat pembakar sampah (atau disebut sokakjang di Korea ) di seluruh pelosok negeri. Pada tahun 1995 – 1988 hampir tiap hari saya melihat alat ini. Saya melihat alat pembakar sampah ini bekerja. Alat ini mampu membakar botol,plastik,kain dan sampah dapur jadi debu. Hanya sampah logam yang tidak dapat dilumat. Bagaimana kalau setiap pabrik, RW, sekolah, universitas dan perumahan memiliki alat ini? Lingkungan yang indah jaminannya.

Jika alat pembakar sampah ini diterapkan sebagai salah satu cara untuk mengatasi masalah di Indonesia, ribuan lapangan kerja baru bisa tercipta. Setiap alat pembakar memerlukan seorang operator. Belum lagi tenaga maintenance. Pabrik juga perlu dibuat untuk kebutuhan alat, suku cadang dan sebagainya. Penelitian untuk pengembangan alat yang ekonomis, efisien dan tahan lama juga memerlukan penelitian oleh tenaga ahli.

Selain penyediaan alat pembakar, pembangunan karakter manusia juga jangan dilupakan. Pendidikan arti pentingnya lingkungan hidup perlu ditanamkan sejak PAUD hingga universitas. Kuliah Kerja Nyata bisa diarahkan ke bidang lingkungan hidup. Akhirnya dalam diri setiap individu terlahir budaya dan karakter peduli lingkungan. Saya yakin pemandangan saluran air dan sungai bersih ada dimana mana.Para nelayan kembali dapat menangkap ikan dengan perahu kecilnya tanpa jauh jauh melaut. Sungai menjadi sumber protein seiring dengan berkembangnya ikan dan species sungai lainnya.Masyarakat kembali menatap masa depannya dengan penuh optimis karena ruang ruang untuk generasi yang akan datang lebih menjanjikan. SEMOGA.

Sampai disini dulu.
Wassalamu'alaikum 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Blog Archive

Powered by Blogger.

- Copyright © USEFULLIFE | USEFULSHARING -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -