Posted by : usefullife4us Friday, June 19, 2015

 PENGALAMAN MENGIKUTI PELATIHAN HALAL DI LPPOM MUI BOGOR



Assalamu'alaikum. Salam sukses dan sehat selalu.
Bagi Anda yang ingin membangun dunia bisnis makanan, bahan makanan, minuman, obat atau kosmetika dengan konsep halal, maka Anda perlu mengikuti pelatihan halal di Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI). Untuk produk dalam negeri sertifikasi bisa mendaftar di LPPOM MUI Propinsi dan untuk produk Luar Negeri mendaftar di LPPOM MUI Pusat. Yang menentukan halal atau tidaknya yaitu Majelis Ulama Indonesia, LPPOM MUI hanya memfasilitasi. Tujuan dari pelatihan yaitu :
- Memahami konsep dan pentingnya Halal – Haram.
- Memahami latar belakang sertifikasi Halal pada produk pangan, obat dan   kosmetika.
- Keterkaitan antara sertifikasi Halal dengan Sistem Jaminan Halal.

Sebelum mendaftar sertifikasi halal untuk suatu produk perusahaan harus mempunyai dulu Sistem Jaminan Halal. Jika memenuhi syarat perusahaan akan memperoleh dua sertifikat yaitu Sertifikat Sistem Jaminan Halal dan Sertifikat Halal untuk produk itu sendiri. Di pelatihan ini Anda akan lebih memahami dengan jelas bagaimana Kriteria Sistem Jaminan Halal yang meliputi :
1. Kebijakan halal
2. Tim manajemen halal
3. Training dan edukasi
4. Bahan
5. Fasilitas
6. Produk
7. Prosedur tertulis kegiatan kritis
8. Kemampuan telusur (traceability)
9. Penanganan produk yang tidak memenuhi kriteria.
10. Audit internal
11. Kaji ulang manajemen (management review)
Jika perusahaan membuat peraturan masing-masing kriteria tersebut, menerapkannya dan mendokumentasikan maka perusahaan secara tidak langsung sudah memiliki Sistem Jaminan Halal. Sistem Jaminan Halal merupakan wujud komitmen perusahaan untuk memproduksi produk halal secara berkesinambungan.

Pelatihan berlangsung sangat interaktif karena setiap sesi selalu ada tanya jawab. Apa yang tidak kita ketahui bisa ditanyakan langsung. Berikut adalah jadwal tiga hari selama pelatihan halal di LPPOMMUI Bogor yang beralamat di Jalan Pemuda No.5 Bogor, Jawa Barat, Indonesia. Jika Anda ingin memahami lebih baik materi yang akan disampaikan, Anda bisa membeli buku-buku di LPPOM MUI Pusat di jakarta dan LPPOM MUI Bogor sebelum mengikuti pelatihan atau menggali informasi di www.halalmui.org.



Selamat berjuang. Sukses untuk semua. Wassalamu'alaikum.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Powered by Blogger.

- Copyright © USEFULLIFE | USEFULSHARING -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -