Posted by : usefullife4us Tuesday, March 10, 2015

POLA HIDUP SEHAT MENURUT RASULULLAH SAW

Assalamu'alaikum. Salam sukses dan sehat selalu.

Hidup sehat adalah dambaan setiap manusia. Manusia pada umumnya menyadari nikmat kesehatan ketika sedang sakit. Ketika sehat kita sering lalai menjaganya seperti makan dan minum secara berlebihan, jarang berolah raga dan tidak menjaga kebersihan. Mari kita belajar hidup sehat melalui pola hidup sehat Rasulullah SAW. Semoga bermanfaat.


Pola Keseharian Rasulullah SAW berdasarkan berbagai riwayat yang bisa dipercaya:

1. Rasulullah SAW mengawali hari sejak sebelum subuh. Beliau melaksanakan qiyamul lail sehingga asupan udara yang masuk ke dalam tubuh pertama kali adalah udara sepertiga malam terakhir. Udara waktu tersebut diyakini sebagai udara paling bersih.

2. Beliau bersiwak pada pagi hari untuk kesehatan mulut dan gigi.

3. Rasulullah SAW memberikan nutrisi awal berupa kandungan vitamin dan nutrisi yang terdapat dalam madu untuk tubuh. Beliau mengkonsumsi dengan mencampurkan sesendok madu pada segelas air.

4. Selain madu, Rasulullah SAW juga mengkonsumsi tujuh butir kurma matang (ajwa) saat duha (pagi menjelang siang).

5. Roti dengan cuka atau minyak zaitun menjadi menu makan Rasulullah SAW menjelang sore hari.

6. Rasulullah SAW tidak pernah makan saat perut kenyang.

7. Banyak orang melewatkan makan malam sebagai bagian dari pola diet mereka. Sesungguhnya yang tidak dianjurkan adalah mengkonsumsi makan malam yang mengandung karbohidrat dan lemak. Karena itu menu makan Rasulullah SAW pada malam hari adalah sayur-sayuran.

8. Rasulullah SAW tidak pernah tidur dalam kondisi perut kekenyangan. Beliau beraktivitas terlebih dahulu sehingga makanan yang dikonsumsi masuk ke lambung dengan cepat dan mudah dicerna.

9. Gerak keseharian Rasulullah SAW bisa dikatakan sebagai olah raga dan latihan fisik. Contohnya Rasulullah SAW selalu berjalan cepat dan tegap. Meskipun demikian Beliau juga menyempatkan diri berolah raga, terkadang sambil menghibur istri, anak dan cucunya.

Jasmani Rasulullah SAW terpelihara berkat dua hal yaitu sikap hidup bersih dan latihan fisik secara teratur. Sedangkan kesehatan rohani Beliau terpelihara berkat kecerdasan emosional dan spiritual yang tinggi. Jadi ada empat kunci sukses hidup sehat Rasulullah SAW yaitu: pola hidup bersih, pola keseimbangan fisik, kestabilan emosional dan spiritualitas yang terjaga.

Mari jaga kesehatan kita. Selamat berjuang dan sehat selalu. Wassalamu'alaikum.

Sumber : Buku Sehat Tanpa Obat ala Rasulullah SAW

{ 1 comments... read them below or add one }

  1. Hidup sehat itu mudah, yang sulit itu gayanya. Karena banyak orang ingin hidup sehat tapi banyak gaya, harus ke gym lah, harus langganan itulah, inilah, makan buah2an mahal lah, sebenarnya mudah hanya dengan jaga pola makan dan olahrga seperti joging saja sudah cukup.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

- Copyright © USEFULLIFE | USEFULSHARING -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -