Posted by : usefullife4us Friday, February 13, 2015

CARA SUKSES BISNIS MENURUT RASULULLAH



Assalamu’alaikum. Salam sukses dan sehat selalu.

Setiap manusia ingin sukses dalam hidupnya. Sukses selalu diiringi dengan belajar. Belajar tidak hanya di sekolah. Ingin sukses besar kita perlu pembimbing yang mempunyai reputasi besar juga. Pembimbing  yang harus kita teladani tidak lain yaitu Baginda Rasulullah. Umat Islam barangkali sebagian besar belum mengetahui bahwa nabi adalah pedagang sukses. Yang diketahui barangkali rasulullah miskin karena menjelang ajal Beliau tidak memiliki apa-apa. Itu hanya sebagian kecil dari perjalanan hidupnya. Mungkin hanya sedikit yang mengetahui ketika Rasul mempersunting Khadijah memberikan mas kawin 20 ekor unta. Mari kita meneladani Rasul secara utuh sehingga kita menjadi pribadi yang kuat dan sukses. Di sini saya ingin memberitahukan rahasia bisnis rasulullah. Tulisan ini saya ambil dari buku Rasulullah’s Business School. Semoga bermanfaat.

RAHASIA BISNIS 1. MENJADIKAN BEKERJA SEBAGAI LADANG MENJEMPUT SURGA

Para nabi, para sahabat, juga para ulama salafush-shalih meski memiliki kekayaan yang berlimpah, mereka sama sekali tidak diperbudak oleh hartanya. Sebaliknya mereka malah menggunakan harta benda itu untuk menopang dakwah dan ibadah kepada Allah. Mereka telah menjadikan dunia sebagai pintu menjemput surga.

Pada suatu ketika, Sa’ad bin Musa Al-Anshari menuturkan sebuah kisah, bahwa pada waktu Rasulullah SAW baru kembali dari perang tabuk. Beliau melihat tangan Sa’ad yang melepuh. Kulitnya gosong kehitam-hitaman karena sengatan matahari.
“Kenapa tanganmu?” tanya Rasulullah.
“Karena aku mengolah tanah dengan cangkul ini untuk mencari nafkah keluarga yang menjadi tanggunganku,” jawab Sa’ad. Rasulullah lalu mengambil tangan Sa’ad dan menciumnya seraya berkata,”Inilah tangan yang  tak pernah disentuh api neraka.”

RAHASIA BISNIS 2. DALAM DUNIA BISNIS KEJUJURAN DAN KEPERCAYAAN TAK BOLEH DITAWAR SAMA SEKALI

Berbicara mengenai kejujuran yang dipraktikkan Nabi Muhammad SAW, kita bisa melihat sewaktu ia menjualkan barang dagangan Khadijah. Barang-barang yang dijualnya habis terjual. Bagaimana strateginya? Ternyata salah satu kuncinya adalah kejujuran. Pada waktu itu berdagang dengan kejujuran dan keterbukaan sangat langka. Muhammad mulai dengan caranya sendiri. Dan hasilnya, banyak yang suka membeli barang dagangannya.

RAHASIA BISNIS 3. TAK CUMA BISA MIMPI, TAPI HARUS JAGO MEWUJUDKAN MIMPI

Dalam diri Rasulullah SAW telah tertanam prinsip yang kuat bahwa hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini. Prinsip inilah yang membuat kariernya berkembang begitu pesat. Dari seorang penggembala menjelma menjadi agen dengan pengusaha kaya. Rasulullah SAW  juga mampu mengubah dunia Arab terutama Makkah yang tadinya tandus menjadi sebuah kota yang amat disegani.

RAHASIA BISNIS 4. BERPIKIR VISIONER, KREATIF DAN SIAP MENGHADAPI PERUBAHAN

Kedewasaan seorang entrepreneur amat ditentukan oleh seberapa tegar ia menghadapi tantangan-tantangan yang datang. Ia tak mudah putus asa meski jatuh berkali-kali. Ketika jatuh, ia segera berdiri dan melihat masalah yang dihadapinya sebagai jalan menuju kesuksesan berikutnya. Risiko baginya adalah bibit kesuksesan bukan musibah.

Rasulullah dengan daya kreatifnya yang luar biasa disertai dengan pemikirannya yang visioner mampu mengantarkan kota Madinah menjadi kota dambaan masyarakatnya.

RAHASIA BISNIS 5. RASULULLAH MEMILIKI PLANNING DAN GOAL SETTING YANG JELAS

Rasulullah merupakan seorang businessman yang sadar tentang pentingnya planning-planning dan strategi-strategi dalam menjalankan bisnisnya. Ini terlihat dari seluruh perjalanan bisnis Rasulullah. Pada mulanya ia hidup menggembala. Namun setelah melakukan survei kecil-kecilan tentang pengembangan potensi bisnisnya, Rasulullah melihat bahwa bisnis berdagang lebih menjanjikan. Lebih-lebih keberadaan Makkah sebagai jalur pusat perdagangan orang-orang Arab.

RAHASIA BISNIS 6. PINTAR MEMPROMOSIKAN DIRI

Rasulullah merupakan seorang businessman dengan kesadaran promosi yang tinggi. Ia hafal betul masa-masa dimana para pedagang di penjuru dunia mengadakan transaksi dadakan di tempat-tempat tertentu. Semacam bazar atau pameran. Seolah tidak ingin membiarkan kesempatan itu berlalu, ia datangi tempat-tempat itu dan mengikuti jalannya acara. Dari sini Rasulullah menjadi dikenal luas oleh para pedagang manca negara. Rasulullah juga menunjukan pola bisnis yang berbeda dengan bisnis yang lain. Bila businessman yang lain mematok berdasarkan harga jual atas harga barang dagangan para kopentitor, Rasulullah lebih memilih menceritakan berapa harga barang yang ia beli sebelumnya dan memberikan kebebasan bagi para pembelinya untuk memberikan keuntungan atas dirinya.

RAHASIA BISNIS 7. MENGGAJI KARYAWAN SEBELUM KERING KERINGATNYA

Jika Anda meniru konsep Rasulullah yaitu membayar gaji karyawan sebelum keringatnya kering, maka karyawan Anda akan mencintai Anda dan pekerjaannya. Dan jika itu sudah terjadi maka insya-Allah produktifitas karyawan Anda tiba-tiba akan melompat berlipat-lipat. Anda juga akan memperoleh keuntungan karenanya.

RAHASIA BISNIS 8. MENGETAHUI RUMUS “BEKERJA DENGAN CERDAS”

Rasulullah pada awalnya tidak memiliki modal. Dalam kondisi ini ia tidak menyerah. Ia tahu ada orang-orang tertentu yang memiliki modal besar, tapi karena beberapa faktor tidak mungkin untuk berdagang sendiri. Inilah yang beliau tangkap sebagai peluang. Maka terjadilah kombinasi yang hebat  antara Siti Khadijah dengan modal materinya dan Rasulullah dengan modal skill-nya.

RAHASIA BISNIS 9. MENGUTAMAKAN SINERGISME

Sinergi amat penting untuk memajukan sebuah usaha. Dengan bersinergi dengan pihak-pihak lain, pekerjaan akan lebih ringan dengan hasil yang lebih produktif dan maksimal. Dalam dunia bisnis, jamaah bisa diartikan dengan senergisme. Keuntungan atau pertambahan nilai surplus akan terjadi jika dilakukkan oleh sekelompok orang, yaitu sinergi. Kerja sama antara Rasulullah, Khadijah dan team dagangnya merupakan contoh sinergisme.

RAHASIA BISNIS 10. BERBISNIS DENGAN CINTA

Rasulullah selalu bertindak lembut dengan penuh kecintaan. Sifat lembut dan penuh kasih inilah yang membuat para pelanggan Rasulullah terus berdatangan. 

Rasulullah pernah mengatakan,”Barangsiapa yang memandang saudaranya dengan pandangan kasih sayang, maka dosanya diampuni.”(HR Hakim dan Ibnu Umar)

RAHASIA BISNIS 11. PANDAI BERSYUKUR DAN BERUCAP TERIMA KASIH

Perasaan bersyukur atau menerima apa yang ada dengan rasa syukur, akan mengundang datangnya tambahan kenikmatan. Sebaliknya perasaan tidak bersyukur akan membawa kemusnahan atas segala kenikmatan yang telah diberikan itu. Pada masa kenabian Rasulullah justru banyak melakukan pembelian dan hanya sedikit melakukan transaksi penjualan. Berbagai riwayat menyebutkan, sebagian besar pembelian itu, bukan untuk dijual kembali, melainkan disedekahkan. Inilah wujud syukur Nabi Muhammad SAW atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT kepadanya.

RAHASIA BISNIS 12. BE THE BEST! MENJADI MANUSIA PALING BERMANFAAT

Menjadi yang terbaik dengan menjadi manusia yang paling banyak memberikan manfaat pada orang lain. Itulah inti dari segala rahasia bisnis Rasulullah. Rasulullah tidak hanya menjadi manusia terbaik di jamannya. Beliau juga menjadi manusia terbaik sekarang dan generasi yang akan datang. Karena Rasulullah adalah Alqur’an yang berjalan. Beliau selalu memikirkan umat dan umatnya, bagaimana dengan kita? Kita juga akan sukses sejauh apa yang kita pikirkan dan kita kerjakan. Semoga kita selalu menjadi generasi yang bermanfaat, minimal untuk diri dan lingkungan kita.
Selamat belajar, selamat berjuang dan sukses selalu. Wassalamu’alaikum.
  

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Powered by Blogger.

- Copyright © USEFULLIFE | USEFULSHARING -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -