Posted by : usefullife4us Thursday, June 26, 2014




UJIAN EPS BISA DIATASI

Bagi para Tenaga Kerja Indonesia yang akan ke Korea Ujian EPS merupakan salah satu tantangan besar yang harus diatasi. Beda dengan jaman awal awal TKI ke Korea tahun sembilanpuluhan. Waktu itu yang diutamakan latihan militer atau latihan fisik. Tantangan adalah berkah. Tidak ada sukses tanpa tantangan. Sebagai alumni TKI korea, saya merasa tertantang untuk memberikan sumbangan pikiran meskipun hanya memberikan informasi cara cara mengerjakan soal atau membahas soal soal ujian . Tulisan tulisan yang yang akan saya bahas dalam blog ini yaitu meliputi :

1. Vokal dalam bahasa Korea
2. Konsonan dalam bahasa Korea
3. Kosa kata bahasa Korea di buku KLPT
4. Kosa kata bahasa Korea dalam buku YBM 시사 영어사
5. Pembahasan soal soal ujian EPS

Pengenalan vokal dan konsonan sekedar mengingatkan kita bahwa yang kita hadapi bukan bahasa kita. Huruf dan bunyinya sangat beda jika digantikan dengan huruf latin. Soal soal yang akan hadapi juga menggunakan huruf hanggel. Jadi sudah menjadi keharusan kita harus dan harus menguasai cara menulis dan membacanya dengan baik.

Untuk bisa mengerjakan ujian EPS dengan baik kita juga menguasai kosa kata bahasa korea sebanyak mungkin terutama yang berkaitan dengan lingkungan kerja dan yang berkaitan dengan kehidupan pekerja. Tanpa kata kata kita tak bisa menyusun kalimat. Apalagi mengerti kalimat. Tidak ada kata lain, harus dan harus menghafal. Kalau Ustaz Yusuf Mansur mengumandangkan “One Day One Ayat”, kita bisa menyemangati dengan “One Day Fifty Words”. Bila perlu di setiap sisi rumah kita ditempeli dengan kosa kata bahasa Korea. Mungkin dikira gila. Tidak apa apa. Yang penting pikiran terkendali. Mungkin adik atau anak kita ada yang bertanya. “Kok kakak ngomong sendiri?” Jawabanya Anda lebih tahu.

Selanjutnya saya akan membahas soal-soal. Jika ada manfaatnya sampaikan ke yang lain dan seterusnya. Mari kita berlomba-lomba dalam kebaikan.

Bagi para peserta yang pernah gagal sekali, dua kali, tiga kali dan seterusnya jangan patah semangat. Keberhasilan pasti ada jalannya asal mau berusaha. Orang German mengatakan “Ubung macht den Meister”. Orang Jawa mengatakan “Bisa jalaran saka kulina”. Kita juga bisa mengatakan “Tidak ada kata gagal dalam hidupku dan sebagainya”. Tidak ada sukses secara instan.

Tulisan tulisan saya nanti sangat cocok untuk para calon TKI Korea yang sudah bisa membaca dan menulis bahas Korea dengan baik. Semoga bermanfaat. Selamat berjuang. Sampai jumpa di tulisan-tulisan saya berkut.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Powered by Blogger.

- Copyright © USEFULLIFE | USEFULSHARING -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -